Tidak Punya Modal Untuk Berbisnis Hanya Alasan Klasik




Sering sekali mendengar orang yang mengeluh, mau mulai bisnis tapi nggak punya modal. Justru mereka yg berbicara seperti ini punya masalah LEBIH BESAR dari sekedar modal uang untuk bisa memulai usahanya. Tidak punya modal merupakan alasan klasik dari orang yang tidak mau berbisnis.
Dalam memulai sebuah bisnis, uang bukanlah modal utama. Dibutuhkan modal lain yang tidak terlihat untuk menjadi seorang pebisnis. Untuk jadi seorang pebisnis Anda harus mempunyai keyakinan, percaya diri, kemauan, tekad yang bulat, keberanian mengambil peluang, dan daya tahan untuk menghadapi berbagai kemungkinan munculnya masalah di depan.

Banyak orang yang memiliki modal teryata banyak mencari bisnis tanpa modal, mengapa begitu ?
1. Penakut takut kehilangan/ takut rugi, sehingga tidak mau mengeluarkan modalnya.
2. "MERASA" tidak punya modal sehingga mencari bisnis yg tanpa modal (uang).
Untuk yang PERTAMA, ada yg lebih penting dibandingkan modal uang yaitu "Mental pengusaha" ini JAUH LEBIH PENTING dari sekedar modal uang. Orang dengan mental yang kuat nggak akan mengeluh dan beralasan masalah uang sebelum dia memulai usahanya. Justru mengeluh dan menyalahkan keadaan itu adalah sinyal bahwa mentalnya belum kuat.Yang diperlukan adalah mengembangkan keberanian mengambil resiko. Bisnis dengan modal (uang) lebih cepat menghasilkan dibanding bisnis tanpa modal. Jika takut rugi maka yg diperlukan adalah memperkecil resikonya.
Yang beresiko itu sebetulnya bukan bisnisnya tapi pada orangnya/ pelaku bisnisnya. Dari sebagian teman2 yg bertanya kepada saya ingin bergabung dibisnis
Moment rata2 sudah pernah mengalami kegagalan di bisnis sejenis dan.. alasannya sama TIDAK FOKUS MENJALANKAN BISNIS SEBELUMNYA. Seberapa bagus suatu bisnis dan peluangnya jika kita tidak fokus menjalankannya hasilnya akan sama, walaupun kita berguru pada seorang yang ahli sekalipun.
Utk memperkecil resiko gagal/ rugi dalam berbisnis adalah dengan mencari sumber informasinya, dan ada 2 hal yg menghambat informasi tersebut tidak bisa di akses oleh orang tsb.
1. Ketidak mampuan mencari sumber informasinya, hal ini bisa di selesaikan dengan banyak bertanya. Dalam kasus bisnis MLM banyak bertanyalah kepada yang megajak anda berbisnis dalam hal ini upline anda.
2. Tidak mau bertanya (kemalasan), hal ini yang paling banyak terjadi, sudah tahu mencari informasinya tetapi tidak mau mempelajarinya.

Untuk yang KEDUA, anda tidak perlu merasa tidak memiliki modal utk memulai bisnis, anda sebetulnya punya modal berbisnis hanya saja anda tidak menyadarinya. Anda hanya fokus pada apa yg tidak anda miliki. Anda sebetulnya punya modal tetapi anda hanya fokus mencari pada bisnis yang tidak perlu modal, sehingga banyak sekali peluang bisnis yang anda lewati. Banyak orang beranggapan modal bisnis adalah uang, padahal uang adalah salah satu modal yang diperlukan utk memulai bisnis modal yang lainnya adalah aset yang anda miliki, gadget (hp,laptop) dan jaringan anda.
Anda fokus pada apa yg tidak anda miliki tapi jangan lupa anda memiliki modal yang lain bukan dalam bentuk uang. Kenapa tidak anda manfaatkan modal yang anda miliki untuk mendapatkan uang ? Atau mengapa tidak memanfaatkan modal yang anda miliki untuk mendapatkan aset lain yang dibutuhkan ?



KESIMPULAN:
# Anda boleh saja mencari bisnis tanpa modal (uang), tetapi jangan dilupakan peluang2 bisnis yg lain yang lebih prospektif meski membutuhkan modal uang. Jika memang peluang bisnis yang lebih prospektfi membutuhkan modal uang kenapa tidak memanfaatkan modal yang anda miliki untuk mendapatkan uang tersebut ?
# Kita memang perlu memahami kreativitas dan keberanian mengambil resiko untuk mendapatkan hasil terbaik, kenapa tidak ? Jangan sampai kita menutup mata terhadap peluang bisnis yang hebat karena kita fokus pada apa yg tidak kita miliki, sehingga hanya mencari bisnis tanpa modal (uang).
Salam 7A63F32D/ sms 0811.884.552